CEK FAKTA: Tidak Benar Sinyal Wifi Mengakibatkan Kanker

MIKIGAMING – Informasi sinyal Wifi mempengaruhi kesehatan beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa seorang anak kecil mengalami kanker karena terkena radiasi dari smartphone dan sinyal Wifi.

hoaks sinyal wifi berdampak pada kesehatan

Perkenalkanlah, saya atas nama Retno Seysa Sekarsary, selaku Bude dari Ananda Zein Raffael Khasan, usia 3th (blm genap) yang sampai sa’at ini sudah 2 minggu terbaring di RUmah Sakit karena didiagnosa terkena kanker darah. Lantas saya mencari jawaban apa yang menyebabkan anak ini sakit seperti ini… Pihak medis menjawab banyak faktor.. salah satunya adalah terkena RADIASI (bersumber dari Gadget, radiasi Wifi), Tersenta kami baru sadar, kami baru percaya, karena selama ini ananda Zein Raffael sangat intens bermain gadget (hp dengan you tube-nya) dan dari pancaran wifi yang ada di rumah kami..

Penelusuran

Menurut penelusuran informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel turnbackhoax berjudul “[SALAH] Pancaran Radiasi Wifi Berakibat Kanker Darah Pada Anak” pada 25 Maret 2021, dijelaskan bahwa sinyal wifi tidak berdampak pada kesehatan seperti kanker. Setelah ditelusuri, Radiasi Wi-Fi tidak memicu kanker, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam situs resminya menegaskan bahwa tidak ada kaitan antara radiasi tersebut dengan risiko kanker, terutama pada anak-anak. Pernyataan WHO ini juga didukung oleh para ahli dan ilmuwan di seluruh dunia. Seorang pakar Fisika dari Drexel University di Amerika Serikat menjelaskan lebih jauh bahwa radiasi Wi-Fi memiliki sifat yang berbeda dengan sinar gamma yang dihasilkan oleh tenaga nuklir atau sinar ultraviolet (UV). Radiasi yang dihasilkan sinar gamma dan sinar UV mampu menyebabkan perubahan DNA atau mutasi genetik dalam tubuh manusia. Mutasi genetik bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Sementara itu, radiasi Wi-Fi yang dipancarkan gelombang elektromagnetik tidak bisa menyebabkan mutasi genetik, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Itu berarti radiasi Wi-Fi tak bersifat karsinogenik atau menyebabkan penyakit kanker. Konsultan Senior dari Parkway Cancer Center Singapura Colin Phipps Diong yang mendalami hematologi juga menjelaskan radiasi wifi tidak ada kaitannya dengan kanker darah.

“WiFi 4G itu paparan radio frekuensi elektromagnetik antara 1900-2100 MHz. Dan hingga kini tidak ada bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara WiFi dengan kanker darah,” kata Collin.

Kesimpulan

Informasi sinyal Wifi berdampak pada kesehatan seperti kanker adalah tidak benar. Radiasi Wifi tidak menyebabkan penyakit kanker. Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *