Ada Sidang Rizieq, Polisi Pastikan Tak Ada Penyekatan Jalan di Sekitar PN Jaktim

MIKIGAMING – Polres Metro Jakarta Timur memastikan tidak adanya penutupan jalan di sekitar lokasi Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Diketahui, hari ini mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab menjalani sidang kerumunan dengan agenda pembacaan eksepsi.

“Arus lalin dua arah di depan pengadilan ini berjalan dengan lancar. Masyarakat juga tidak terganggu aktivitas bisa berjalan dengan lancar,” kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, Kompol Telly Bahuwte kepada wartawan, Jumat (26/3).

“Dan sampai saat ini tidak ada penyekatan, tidak ada pengalihan arus. Arus lalin berjalan dengan biasa dan kami ada mobil penerangan keliling,” sambungnya. Tak hanya mengatur lalu lintas saja, pihaknya juga memberikan imbau kepada masyarakat yang berada di sekitar pengadilan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami keliling mengimbau kepada seluruh masyarakat jangan bergerombol atau jangan berkerumun untuk menghindari penyebaran Covid-19. Tetap menjaga Protokol kesehatan. Demi sidang MRS ini berjalan dengan baik,” ujarnya. Telly menegaskan, hingga kini tidak ada penyekatan jalan dan lalu lintas tetap berjalan seperti biasanya.

“Tidak ada. Sampai saat ini tidak ada. Sudah sidang keempat arus lalin berjalan seperti biasa tidak ada penyekatan,” tegasnya.

” Kami tetap mengimbau mari kita sama-sama menjaga kamseltib Jakarta menjaga sidang ini agar berjalan dengan baik,” pungkasnya. Diketahui, Rizieq Syihab didakwa atas tiga perkara, yaitu perkara Nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan. Selanjutnya perkara dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait tes usap di RS Ummi dan perkara Nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Megamendung. Sebelumnya, Majelis hakim mengabulkan permohonan Rizieq Shihab beserta tim penasihat hukumnya yang meminta dihadirkan ke dalam ruang persidangan atau melaksanakan sidang secara offline. Keputusan ini ditetapkan setelah melalui perdebatan yang panjang. Rizieq Shihab juga telah berkali-kali memohon kepada majelis hakim agar bisa mengikuti sidang secara offline.

“Saya minta sekali dengan sangat, saya hanya akan membacakan eksepsi saya di ruang sidang. Karena itu saya mohon dengan majelis hakim yang mulia mengabulkan permohonan kami agar bisa menetapkan sidang offline dalam sidang yang akan datang sekaligus membacakan eksepsi saya,” ujar Rizieq, sesaat sebelum permintaannya ini dikabulkan oleh majelis hakim di PN Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021). Majelis hakim pun pada akhirnya mencabut penetapan sidang online Rizieq Shihab. Dengan begitu, sidang Rizieq Shihab selanjutnya diselenggarakan secara offline. Keputusan tersebut tertuang dalam penetapan nomor 221/Pidsus/2021. Keputusan tersebut diungkapkan oleh Hakim Ketua Suparman Nyompa, setelah sidang dengan agenda awal pembacaan eksepsi oleh terdakwa ini diskors selama 3 jam.

“PN Jaktim telah membaca berkas perkara nomor 221 atas nama terdakwa Habib Rizieq Shihab atau HRS, kami menimbang dan memerintahkan penuntut umum untuk menghadirkan terdakwa dalam persidangan, pada setiap hari sidang,” kata Suparman di PN Jaktim, Selasa (23/3). [eko]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *